SELAMAT DATANG

Hidup tanpa sehat takkan bahagia

Kamis, 02 September 2010

Mencegah Munculnya Jerawat

Mencegah Munculnya Jerawat

Pepatah lama mengatakan, "mencegah lebih baik daripada mengobati". Tampaknya pepatah ini juga berlaku bagi jerawat. Jika jerawat sudah timbul, banyak kerugian yang akan terjadi. Rasa minder, biaya pengobatan, bekas di wajah, dan lain-lain. Oleh karena itu, lebih baik 'menghadang' jerawat sebelum ia benar-benar muncul di wajah kita.
Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan agar jerawat tidak muncul.
  1. Cuci muka dua kali sehari, satu kali setelah bangun tidur di pagi hari dan sekali lagi ketika akan tidur malam. Sebaiknya mencuci wajah dengan sabun khusus untuk wajah (misalnya sabun yang mengandung sulfur atau yang mengandung asam glikolat). Tindakan ini akan mengurangi minyak kulit yang berlebihan dan mengangkat sel kulit yang mati. Tetapi cuci muka terlalu sering juga tidak dianjurkan, karena kulit wajah dapat mengalami iritasi.
  2. Pilihlah kosmetik berbahan dasar air, bukan yang mengandung minyak. Hindari penggunaan kosmetik yang berlebihan.
  3. Bersihkan kosmetik di wajah anda setiap kali ingin tidur malam. Jika tidak, kosmetik akan menyumbat pori-pori wajah anda, sehingga dapat mencetuskan timbulnya jerawat.
  4. Mandilah setelah berolahraga atau bekerja berat. Minyak pada kulit dan keringat dapat menjadi media bagi kotoran dan bakteri.
  5. Minum cukup air, minimal 8 gelas sehari. Dengan demikian, kulit akan terjaga kelembabannya.
  6. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah segar.
  7. Berolahraga secara teratur agar peredaran darah menjadi lancar.
  8. Kelola stres dengan baik, karena stres dapat meningkatkan hormon androgen. Hormon ini akan merangsang kelenjar sabasea memproduksi lebih banyak sebum. Akibatnya jerawat lebih mudah muncul.
Demikian, semoga bermanfaat.
Bacaan :
  1. Republika (2003) : Mengatasi Jerawat. [30 Des 07].
  2. MayoClinic (2007) : Acne. [30 Des 07].
  3. DTC Health (2006) : Everyday Tips for Acne Prevention. [30 Des 07].

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas perhatiannya...