SELAMAT DATANG

Hidup tanpa sehat takkan bahagia

Sabtu, 05 Februari 2011

Minum air itu sangat penting

Lebih dari 70% tubuh orang dewasa terdiri dari air. Tubuh kita tidak dapat berfungsi tanpa air, manusia akan mati lebih cepat karena haus daripada lapar. Seseorang yang memiliki berat 68kg  memiliki sekitar 40 liter air dalam tubuh.
23-26% ditemukan di dalam sel, 7,5% di ruang antara sel dan  4 liter dalam darah. Volume ini harus tetap konstan. Makanan tidak memberikan cukup air; dokter mengatakan bahwa kita harus minum dua liter air setiap hari, karena air keluar dari tubuh kita melalui urin, keringat (bahkan ketika suhu berada di bawah 0), kotoran dan nafas. Berikut 14 alasan mengapa anda harus minum air secukupnya setiap hari:
  1. Dehidrasi (jumlah air yang lebih rendah) mempengaruhi fungsi tubuh, pencernaan, ekskresi dan pemeliharaan suhu tubuh yang konstan tidak dapat dilakukan jika air berada di bawah tingkat normal dalam tubuh. Keseimbangan air terhubung ke tingkat elektrolit (rasio garam mineral darah). Tingkat natrium dalam darah adalah sumber yang bisa 'memberitahu' kita tingkat hidrasi dalam tubuh kita. Ketika terlalu banyak natrium di dalam darah, tubuh mempertahankan air untuk mencairkan kelebihan natrium dan mengurangi produksi urin.
  2. Haus adalah suatu perasaan yang terbentuk di inti otak, yang dapat dengan mudah membuat kita 'tertipu'. Itu sebabnya bila anda mengalami dehidrasi belum tentu anda haus. Anda mungkin mengalami dehidrasi tanpa haus. Ketika Anda haus, Anda sudah mengalami dehidrasi. Dehidrasi dan haus lebih terhubung ketika Anda berlatih olahraga.
  3. Diet, Diet berarti mengurangi makan, dan karena makanan juga merupakan sumber air yang penting bagi tubuh kita, Anda harus mengganti air yang tertelan melalui makanan dengan minum air.
  4. Suhu, Panas membuat tubuh membutuhkan lebih banyak air yang diperlukan, karena keringat untuk mendinginkan tubuh. Anda haru mengkonsumsi air lebih banyak pada musim panas. Hal yang sama terjadi selama berolahraga, panas yang disebabkan kontraksi otot, meningkatkan suhu tubuh, dan membuat anda berkeringat. Seseorang membutuhkan tambahan satu liter air untuk setiap jam latihan.
  5. Ginjal, Ginjal bekerja lebih baik dengan air melimpah.
  6. Kulit, kulit terlihat kusam karena kehilangan air. kulit yang memiliki banyak air lebih mulus dan sehat. Air memberi makan kulit dan membersihkan racun tubuh, itu sebabnya kulit terlihat sehat dan berkilau jika meminum air yang banyak.
  7. Racun, Air terlibat dalam semua reaksi metabolik. Diet kaya protein memerlukan jumlah air, yang lebih tinggi. Senyawa nitrogen beracun lebih mudah untuk dihilangkan dengan air yang berlimpah (karena ginjal dan kelenjar keringat bekerja lebih cepat).
  8. Diuresis, Air mempercepat proses eliminasi cairan dan obat-obatan.
  9. Pada orang tua, sensasi rasa haus berkurang, khususnya jika mereka menderita demensia. ginjal mereka kehilangan lebih banyak air dan mereka harus minum secangkir air setiap dua jam.
  10. Melangsingkan badan, Air tidak memiliki kalori. Minum air sebelum makan, akan mengurangi sensasi 'perut kosong', atau kelaparan. Jangan minum air setelah makan!, Hal ini akan mencairkan makanan  yang tertelan, yang akan berlalu lebih cepat melalui perut dan sensasi rasa lapar akan kembali lebih awal. Air juga mencairkan cairan pencernaan dalam perut.
  11. Muntah. Orang-orang mungkin tidak menyadari bahwa melalui muntah mereka kehilangan sejumlah besar air dan elektrolit. Diare dan demam (melalui keringat) juga memiliki efek yang sama dan tubuh kehilangan natrium dan kalium, yang sangat penting dalam keseimbangan air dalam tubuh. Sampai 4 liter sehari bisa hilang melalui muntah parah atau diare, itu sebabnya garam dalam tubuh hilang. minuman isotonik dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang.
  12. Diabetes, gejala dari diabetes insipidus adalah haus berlebihan dan jumlah urin yang berlebihan. Hal ini dapat mulai secara bertahap atau tiba-tiba pada umur berapapun dan merupakan hasil dari kekurangan hormon antidiuretik, yang membatasi produksi urin berlebihan. Seseorang bisa minum dalam jumlah sangat besar (4 sampai 30 liter) cairan untuk mengkompensasi kerugian yang dihasilkan oleh air seni  yang keluar begitu banyak.
  13. Kopi dan teh, kafein adalah diuretik ringan, mempercepat siklus buang air kecil, tetapi pada saat yang sama, "mencuri" kalsium dan elektrolit (yang dieliminasi melalui urin). Kopi juga meningkatkan kehilangan air melalui kotoran, karena berfungsi sebagai obat cuci perut.
  14. Alkohol, Anda mengatakan bahwa Anda akan dapat menghilangkan  dehidrasi dengan bir. Itu palsu: Anda justru akan kehilangan lebih banyak air lagi. Ini bukan hanya mengenai efek diuretik dari bir. Setelah banyak minum, rata-rata 3 gelas air diperlukan untuk menghidrasi tubuh Anda. Karena dengan minum alkohol, anda kehilangan banyak cairan, pergi tidur tidak mampu menghilangkan alkohol, dan (dalam tingkat terkonsentrasi) alkohol akan menyebabkan efek buruk pada waktunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas perhatiannya...