SELAMAT DATANG

Hidup tanpa sehat takkan bahagia

Sabtu, 05 Februari 2011

Mengapa kita harus tidur malam dan gelap?

Apakah anda lebih suka lampu menyala ketika anda tidur pada malam hari? beberapa orang memilih tidur dengan penerangan dan beberapa orang lebih suka tidur dalam keadaan gelap, tetapi tidur dengan cahaya di malam hari bisa membahayakan kesehatan anda.
Sebuah Penelitian menggunakan dua kelompok tikus untuk tidur pada saat terang dan gelap.
Satu kelompok tikus menerima dua belas jam siang hari dan dua belas jam kegelapan. Kelompok lain adalah dua belas jam terkena cahaya, tetapi satu jam dari kegelapan digantikan dengan satu jam cahaya. Hasilnya? Kelompok tikus yang satu jam kegelapan digantikan satu jam cahaya mengalami perubahan dalam pembelahan sel dan ekspresi gen yang dapat meningkatkan risiko kanker.
Bukan hanya tikus yang dapat menderita dampak kesehatan dari cahaya pada malam hari. Studi menunjukkan bahwa perempuan yang terkena cahaya pada malam hari, dengan bekerja shift malam atau tinggal di lingkungan dengan banyak lampu jalan, memiliki risiko yang lebih tinggi terkena kanker payudara. Hal ini menimbulkan kekhawatiran bahwa paparan cahaya di malam hari dapat memainkan peran penting dalam berbagai kanker pada manusia.
Mengapa Penting untuk tidur dalam keadaan gelap? Hal ini dikarenakan pada malam hari, tubuh memproduksi melatonin, melatonin adalah suatu hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar pineal kecil yang terletak di otak yang membantu untuk mengatur siklus tidur dan bangun. Produksi melatonin dimatikan ketika seseorang terkena cahaya di malam hari, bahkan dalam jumlah kecil. Melatonin berperan penting dalam menekan pembentukan kanker tumor dengan menghentikan replikasi dan kemampuan kanker dan tumor untuk tumbuh. Hal ini dilakukan dengan memblokir aksi dari asam lemak yang disebut asam linoleat, asam lemak dibutuhkan untuk pertumbuhan tumor.
Melatonin dapat menekan produksi berbagai jenis tumor termasuk kanker payudara dan kolon dan lampu malam mengganggu produksi melatonin yang dibutuhkan agar pemantauan sel-sel tumor tetap terjaga.
Sebaiknya kita harus tidur dalam keadaan gelap, kecuali jika anda takut gelap, anda mungkin bisa mengurangi tingkat cahaya pada saat anda tidur hingga anda bisa tidur dengan kegelapan total. Jumlah kecil cahaya dari ponsel, komputer,  atau benda lainnya dapat menghentikan produksi melatonin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas perhatiannya...