SELAMAT DATANG

Hidup tanpa sehat takkan bahagia

Sabtu, 05 Februari 2011

Amankah minum teh setiap hari?

Kebanyakan penelitian menunjukkan bahwa minum teh memiliki manfaat kesehatan, tetapi sekarang ada alasan baru untuk tidak minum the berlebihan. Informasi baru dari Medical College of Georgia menunjukkan bahwa minum teh terlalu banyak dan berlebihan dapat meningkatkan risiko terkena fluorosis tulang.

Apa skeletal fluorosis? skeletal fluorosis adalah suatu kondisi dimana kelebihan fluoride disimpan di tulang dan sendi. Kondisi ini mungkin tidak menunjukkan gejala pada awalnya, tetapi seiring semakin meningkatnya penumpukan fluoride pada tulang, dapat menyebabkan nyeri sendi, kekakuan, nyeri tulang, dan kelemahan otot. Pada tahap yang lebih parah, dapat menyebabkan cacat tulang belakang. Terlalu banyak fluoride dari air, teh, atau melalui eksposur lain bisa menyebabkan perubahan warna gigi pada anak-anak, dengan bintik-bintik cokelat dan putih terlihat.
Kebanyakan kasus skeletal fluorosis berasal dari eksposur pekerjaan yang melibatkan fluoride dalam pekerjaan, meskipun begitu fluoride juga dapat berasal dari air minum atau teh, terutama jenis teh yang disebut teh hitam, yang populer di Cina. Fluoride juga ditemukan di beberapa pestisida.
Dokter di Medical College of Georgia telah mengidentifikasi empat kasus skeletal fluorosis pada pasien yang minum teh dalam jumlah besar. Pasien-pasien dilaporkan mengkonsumsi hingga dua galon teh setiap hari selama beberapa dekade.
Berdasarkan laporan tersebut, dokter melihat lebih dekat pada kadar fluoride di teh hitam. Kebanyakan penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa satu liter teh hitam berisi antara satu dan lima miligram fluoride. Setelah penyelidikan lebih dekat, para dokter menemukan bahwa beberapa teh mengandung hingga sembilan miligram dalam satu liter ,lebih dari dua kali lipat apa yang diharapkan.
fluoride dalam teh berasal dari tanah dan air, tanaman teh membutuhkannya untuk tumbuh. Tanaman teh sangat mudah untuk mengambil dan menumpuk fluoride dari tanah. Selain itu, air juga mengandung fluoride, sehingga secangkir the memiliki jumlah fluoride yang berlebih.
Perlu diingat bahwa semua kasus yang terdokumentasi fluorosis tulang telah terjadi dengan minum teh berlebihan setidaknya satu liter teh setiap hari dalam satu dekade. Kebanyakan orang dapat dengan aman minum hingga lima cangkir teh setiap hari. Hindari minum teh instan karena mungkin mengandung fluoride lebih tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas perhatiannya...